A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Pengukuhan Unit Satgas Saber Pungli Aceh Barat

Pengukuhan Unit Satgas Saber Pungli Aceh Barat

Senin, 02 Januari 2017 09:45:00 Maulidawati

Pengukuhan Unit Satgas Saber Pungli Aceh Barat

 


MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat resmi mengukuhkan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 dan Keputusan Bupati Aceh Barat Nomor 668 Tahun 2016, Rabu tanggal 28 Desember 2016 bertempat di Aula Setdakab Aceh Barat.

Plt. Bupati Aceh Barat, Drs. Rahmat Fitri. HD, MAP, dalam sambutannya mengatakan bahwaPraktik pungutan liar disadari telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efesien, dan mampu menimbulkan efek jera.

Hal ini tidaklah mudah mengingat praktik pungli dapat dikatakan hampir menjadi budaya, dan sangat tolerannya masyarakat terhadap praktik pungli. Kondisi ini tentunya memerlukan strategi yang komprehentif dan tekad yang kuat dari seluruh stakeholders. Maka dari itu, Unit Satgas Saber Pungli yang dibentuk melibatkan banyak unsur secara terpadu dengan kelompok kerja yang integral dari unit intelejen, pencegahan, penindakan, dan yustisi.

“Satgas Saber Pungli dibentuk dari berbagai unsur seperti Pemerintah Daerah,   TNI-Polri dan juga Kejaksaan yang merupakan aparat penegak hukum di daerah. Langkah konkrit harus diambil demi memerangi pungli, Adapun fokus pengawasan dari Satgas  meliputi seluruh area perizinan, pengelolaan dana hibah dan bansos, pengelolaan kepegawaian, pendidikan, dana desa, pelayanan publik (seperti penyaluran raskin, pelayanan KTP, SIM, SAMSAT), pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, dan kegiatan lainnya yang memiliki risiko penyimpangan tinggi. Area-area pengawasan ini kiranya dapat dipertajam kembali pemetaannya oleh Unit Satgas nantinya sesuai kondisi daerah.

Ada beberapa atensi yang menjadi prioritas dalam pencegahan dan pemberantasan pungli antara lain sektor perizinan, pelayanan publik, hibah bansos, kepegawaian, dana desa, pendidikan, pengadaan barang dan jasa, juga kegiatan lain yang menimbulkan penyimpangan.

Susunan keanggotaan Unit Satgas Saber Pungli yakni Bupati Aceh Barat (Pengendali/Penanggung Jawab),Wakapolres Aceh Barat (Ketua Pelaksana), Inspektur Kabupaten Aceh Barat (Wakil Ketua I), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Aceh Barat (Wakil Ketua II), Kabag. Sumda Polres Aceh Barat (Sekretaris), Kabag. Ops Polres Aceh Barat (Bidang Operasi), Kasubbag. Sapras Bag. Sumda Polres Aceh Barat (Bidang Logistik), Kasubbag. Pers. Bag. Sumda Polres Aceh Barat (Bidang Administrasi Umum), Sekretaris Inspektorat Kabupaten Aceh Barat (Bidang Keuangan), dan Kasubbag. Humas Bag. Ops. Polres Aceh Barat (Bidang Data dan Informasi).

Formasi di atas juga masih diperkuat dengan beberapa kelompok kerja yang dibagi dalam beberapa unit antara lain kelompok kerja unit intelejen, kelompok kerja unit pencegahan, kelompok unit kerja penindakan, kelompok unit kerja yustisi, dan Kelompok Ahli.

Pada bagian akhir sambutan, Plt. Bupati Aceh Barat menyampaikan,hari ini adalah awal dari komitmen kita bersama untuk memberantas pungli. Keberadaan Satgas Saber Pungli sebagaimana dikatakan Menkopolhukkam tidak bersifat temporary tetapi akan berkesinambungan sampai praktik pungli tidak ada lagi dalam pelayanan publik. Oleh karena itu kami berpesan kepada segenap unsur Satgas untuk bekerja dengan serius dan profesional serta berorientasi pada penghapusan Pungli baik secara kultural maupun sistemik. Kedepankan upaya pencegahan dibanding penindakan. Lakukan sosialisasi secara masif, evaluasi SOP pelayanan publik disetiap satuan kerja, dan dorong keterbukaan informasi publik lebih baik lagi.Dengan demikian kita harapkan operasi tangkap tangan tidak terjadi di Kabupaten Aceh Barat. (y&m)