A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Inspektorat: Dana BOS belum Dipertanggungjawabkan

Inspektorat: Dana BOS belum Dipertanggungjawabkan

Kamis, 18 September 2014 15:26:20 Maulidawati

MEULABOH-Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Barat menyebutkan adanya sejumlah temuan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di lembaga pendidikan wilayah setempat tahun 2013 yang belum dipertanggungjawabkan oleh dinas terkait. Sinyalemen itu ditemukan saat melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah, belum lama ini. 

“Temuan yang kita dapatkan itu rata-rata menyangkut sekolah yang belum mempertanggungjawabkan dana BOS ke dinas, meski di antara sekolah ini sudah selesai membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran itu,” kata Kepala Inspektorat Aceh Barat, Agus Badri menjawab Serambi, Rabu (17/9) kemarin.

Dikatakannya, sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis, penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di setiap lembaga pendidikan dari jenjang SD, SMP hingga SMA dimaksud memang harus dipertanggungjawabkan penggunaanya serta dipastikan bahwa seluruh penggunaan dana tersebut harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Dari sejumlah laporan yang diperiksa itu, kata Agus Badri, rata-rata dokumen pertanggungjawabannya disampaikan secara lengkap. Namun, laporan tersebut malah belum disampaikan ke Dinas Pendidikan Aceh Barat selaku lembaga pendidikan yang berwenang menangani pengelolaan dana tersebut.

Biasanya, kata Agus Badri, pengelolaan dana BOS itu nantinya dilakukan pemeriksaan oleh intansi terkait, karena di Kementerian Pendidikan juga terdapat Dirjen BOS yang menangani penyaluran dana dimaksud.

Kepala Inspektorat Aceh Barat ini juga menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim ke SD/SMP Jawi, Kecamatan Woyla, Aceh Barat, guna melakukan pemeriksaan pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di wilayah itu. “Nanti akan kita periksa supaya lebih jelas,” katanya.

Di sisi lain, Inspektorat Aceh Barat juga mengaku siap melakukan audit seluruh dana BOS di Aceh Barat, apabila surat permintaan audit sudah diterima dari DPRK Aceh Barat selaku lembaga pengawasan pemerintah di wilayah ini. “Kalau sudah ada surat dari DPRK langsung kita audit. Tentunya hal ini kita sesuaikan dengan tenaga audit yang tersedia,” kata Agus Badri.

Anggota DPRK Aceh Barat dari Fraksi Partai Aceh masing-masing Nurhayati dan Tgk Dahlan, meminta kepada aparat penegak hukum dan pihak terkait di wilayah setempat untuk melakukan audit dan pemeriksaan secara menyeluruh terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di seluruh sekolah di kabupaten tersebuti.

Pasalnya, penggunaan dana BOS oleh masing-masing sekolah di Aceh Barat kini ditenggarai telah banyak disalahgunakan dan tak sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan anggaran.

“Kami minta seluruh dana BOS di Aceh Barat segera diaudit, sehingga penggunaannya lebih jelas dan transparan,” kata Nurhayati. Harapan yang sama juga disampaikan Tgk Dahlan yang menghubungi Serambi, Senin (15/9) lalu di Meulaboh.

Dikatakannya, dana BOS yang kini dikelola oleh seluruh lembaga pendidikan di kabupaten itu harus segera dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, sehingga diharapkan penggunaannya tepat sasaran dan menghindari adanya penyalahgunaan oleh oknum tertentu terhadap dana bantuan pemerintah tersebut.(edi)

Sumber: Serambi Indonesia 18 September 2014